Pengantar Ilmu Pendidikan


  1. 1. Dasar pendidikan adalah :

Landasan berbijak dan arah bagi pendidikan sebagai wahana pengembangan manusia dan masyarakat yang bersifat fundamental.

Tujuan pendidikan adalah :

sesuatu yang ingin dicapai oleh kegiatan pendidikan yang akan menentukan arah yang akan dicapai dari pendidikan dan peserta didik.

Macam-macam tujuan pendidikan menurut Langelveld :

ü  Tujuan umum atau tujuan akhir –akhirnya adalah kedewasaan yaitu merupakan keseluruhan/kebulatan tujuan yang ingin dicapai oleh pendidik.

ü  Tujuan khusus yaitu mengkhususkan tujuan umum atas dasar berbagai hal.

ü  Tujuan tak lengkap yaitu tujuan yang hanya menyangkut sebagian aspek kehidupan manusia.

ü  Tujuan sementara yaitu tujuan yang hanya dimaksudkan untuk sementara saja.

ü  Tujuan intermedier yaitu tujuan perantara bagi tujuan lainnya yang pokok.

ü  Tujuan insidental yaitu tujuan yang dicapai pada saat-saat tertentu, seketika dan spontan.

  1. 2. Setiap negara di dunia menganggap bahwa masalah pendidikan itu merupakan masalah yang sangat penting bagi kehidupan,

karena pendidikan menyiapkan manusia sebagai warga negara yang baik yang dapat melaksanakan semua kewajiban dan menyadari akan haknya secara baik serta membentuk para warga negara menjadi Patriotisme Nasional.

  1. 3. Tujuan pendidikan menurut para pakar :

a)      Socrates

Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan daya fikir sehingga memungkinkan orang untuk mengerti pokok-pokok kesusilaan.

b)      Plato

Pendidikan bertujuan untuk menyajikan agar individu bahagia dan berguna bagi negara.

c)      Aristoteles

Tujuan pendidikan yaitu memberikan pendidikan rasional yaitu bahwa individu bersama-sama dengan orang lain memiliki tingkah laku yang dipimpin oleh akal.

d)     Augustinus

Tujuan pendidikan yaitu harus memberikan cinta sepenuhnya kepada Tuhan agar mendapat ketentraman di alam baka.

e)      John Milton

Tujuan pendidikan yaitu persiapan untuk kehidupan yang sebenarnya di dunia nyata.

f)       Francis Baconn

Tujuan pendidikan yaitu mengusahakan agar manusia dapat menguasai benda-benda serta meningkatkan kekuatan manusia dengan ilmu pengetahuan.

g)      John Lock

Tujuan pendidikan yaitu pembentukan watak.

h)      John Dewey

Tujuan pendidikan yaitu membentuk anak didik untuk menjadi warga negara yang baik.

  1. 4. Tujuan pendidikan di Indonesia dari awal kemerdekaan sampai sekarang
    1. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mr. Suwandi (1 Maret 1946) :

Tujuan Pendidkan adalah membentuk patriotism karena pada waktu Indonesia perang fisik menghadapi kembalinya Belanda ke Indonesia.

  1. Undang-Undang Pengajaran Nomor IV/1950 tentang Dasar Pendidikan Dan Penagajaran :

Pendidikan dan pengajaran berdasar atas azas-azas yang termaksud dalam Pancasila.

Tujuan P endidikan dalam Bab II passal (3):

Tujuan pendidikan dan pengajaran ialah membentuk manusia susila yang cakap dan warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab tentang kesejarteraan masyarakat dan tanah air.

  1. Tahun 1960 Tap MPRS Nomor II/MPRS/1960:

Dari pendidikan persekolahan sampai pendidikan tinggi dilaksanakan supaya melahirkan :

  • Warga Negara Indonesia yang berjiwa Pancasila
  • Warga Negara yang memiliki tenaga-tenaga kejuruan yang ahli dan berjiwa revolusi Agustus 1945.
  1. Tahun 1966 Tap MPRS Nomor XXVII :

Dasar pendidikan adalah Pancasila.

Tujuan pendidikan adalah membentuk manusia Pancasila ejati berdasarkan ketentuan-ketentuan yang dikehendaki dalam Pembukaan dan Btang Tubuh UUD 1945.

  1. Tahun 1973 Tap MPRS Nomor IV :

Dasar dan tujuan pendidikan adalah : Pembangunan dibidang pendidikan didasarkan falsafah Negara Pancasila dan diarahkan untuk membentuk manusia Indonesia sehat jasmani rohani dan memiliki pengetahuan dan ketrampilan, dan dapat mengembangkan aktivitas dan tanggungjawab serta dapat menyuburkan sikap demokratis dan penuh tenggang rasa, dapat mengembangkan kecerdasan tinggi diserti budi pekerti luhur, mencintai bangsanya dan mencintai sesamanya sesuai UUD 1945.

  1. Tahun 1980 dirumuskan tujuan pendidikan nasional Indonesia :
  • Membangun kualitas manusia bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan selalu dapat meningkatkan hubungan denganNya.
  • Membentuk warga Negara berpancasila, punya semangat dan kesadaran tinggi dan berbudi pekerti luhur, berkepribadian kuat.
  • Cerdas terampil dapat mengembangkan dan menyuburkan sikap demokrasi.
  • Dapat memelihara hubungan baik antara sesame manusia dengan lingkungan serta sehat jasmani rohani dan mampu mengembangkan daya estetik terhadap dirinya maupun masyarakat.
  1. Tahun 1989 dalam Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa  pendidikan nasional dasarnya adalah pancasila dan UUD 1945. Fungsi pendidikan adalah mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu pendidikan dan martabat manusia Indonesia dalam upaya mewujudkan tujuan nasional.

Dalan pasal (4) : pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan berbangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan keterampilan, sehat jasmani rohani, berkepribadian mantap mandiri, rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Iklan

Diterbitkan oleh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s